Home

Senyum Sapa

Budaya 3S (Senyum Salam & Sapa) mulai diterapkan sejak pendidikan Sekolah Dasar(SD) dan dilanjutkan hingga ke Perguruan Tinggi.Budaya 3S di latar belakangi oleh siswa siswi yang kurang ramah tamah kepada Gurunya. Budaya ini bertujuan untuk menguatkan karakter siswa siswi yang kurang ramah tamah kepada gurunya. Budaya ini bertujuan untuk menguatkan karakter siswa siswi dalam bentuk kekeluargaan. Cara mengembangkan keramahan 3S tersebut :

1.      Ketika bertemu dengan guru kita terapkan 3S tersebut

2.      Ketika kita bertemu dengan teman kita terapkan pula 3S

 

Perlukah senyum,salam,dan sapa?

              Manusia sebagai makhluk sosial tentilah memerlukan orang lain untuk saling membantu dan tolong untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari. Hal tersebut dapat tercapao dengan adanya hubungan timbal balik yang saling menguntungkan. Untuk membentuk hubungan harmonis tersebut perlu adanya pola komunikasi yang baik bisa diawali dengan mengenal lebih dekat antar sesama kita. Dalam masyarakat kita, ada istilah “TAK KENAL MAKA TAK SAYANG” Yang artinya jika kita tidak mengerti dan mengenal seseorang dengan baik maka kita tidak mendapatkan kasih sayang yang kita harapkan. Setelah kita mengenal lebih dalam kita perlu memupukkan agar hubungan kita semakin “BAIK” dengan saling tutur sapa ketika bertemu dengan senyuman yang paling indah yang kemudian di kenal dengan istilah senyum,salam,sapa atau yang bisa di singkat dengan 3S.

             Senyum, salam,dan sapa merupakan sebuah rangkaian saling tegur sapa antar sesama.dalam konteksnya 3S,dilakukan oleh orang yang saling mengenal.3S diperlukan untuk mempererat hubungan sosial.Agar tercipta lingkungan masyarakat yang harmonis,maka 3S perlu diterapkan.Namun, tidak perlu ngoyo dalam mewujudkan 3S. 3S agar tercipta dengan sendirinya ketika tidak ada prasangka negatif dari seseorang. Setidaknya tujuan dari 3S dapat mencegah dan memperkecil konflik sosial yang bersifat kekerasan. “Konflik memang diperlukan sebab hal tersebut menunjukan bahwa masyarakat bergerak dinamis,tetapi apabila mengarah pada kekerasan maka perlu dihindari”.

            Tidak ketinggalan pula sekolah kita SMP Negeri 3 Krian juga turut mewujudkan pendidikan karakter.disekolah kami juga sudah memulai menerapkan sikap keramahan 3S (senyum,salam,dan sapa) karena hal tersebut dinilai penting oleh bapak/ibu guru dalam bentuk kekeluargaan.manfaat dari hal ini sangat banyak.

         Akhir akhir ini dunia pendidikan selalu berbicara tentang pedidikan karakter dalam kegiatan belajar mengajar.kurikulum yang digunakan juga berhungan dengan karakter yaitu kurikulum KTSP berkarakter.menurut kepala sekolah SMP Negeri 3 KRIAN,Drs.Muhammad choliq.M. Pd .pendidikan karakter adalah sebuah pendidikan yang ditujukan untuk membuat siswa siswi mengerti akan karakter yang mereka miliki masing-masing. Maka dari itu,kita sebagai pelajar dan Generasi Muda harus menerapkan budaya 3S agar kita memiliki karakter yang bagus demi Indonesia.

Dan berikut adalah makna dari 3S tersebut:

1.Senyum

 Senyum adalah ibadah.Siapa saja yang memberikan kepada orang lain,maka ia akan mendapatkan balasan dari Allah SWT. Yang berupa pahala.Senyum merupakan awal untuk menerapkan pendidikan karakter yang ada di sekolah.Pemberian senyum satu sama lain akan mengajarkan pada mereka tentang sifat keramahan.Selain itu,orang -orang yang sering tersenyum akan terhindar dari beberapa penyakit.

2.Sapa

  Setelah melempar senyum kepada orang lain,sapaan merupakanpelengkap yang sempurna.Walaupun tidak menyebutkan nama,sapaan bisa berupa salam.Tujuan dari penerapan sapa yaitu membentuk pribadi yang mudah bergaul dan mengenal orang lain.

3.Salam

   Memberikan salam dapat diartikan pula dengan memberikan doa.Tujuan diterapkannya kata “salam” agar semua warga sekolah terbiasa untuk memberikan salam ketika saling bertemu,bukan malah memalingkan pandangan dan berpura pura tidak tahu.

Siapkah Anda menerapkan 3S tersebut?

Jumlah Pengunjung

463348

Your IP: 54.81.232.54
Server Date: 28-05-2018

Waktu Sekerang

Tanggal saat ini

05:27, 28th May 2018
May 2018
SMTWTFS
12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031
 
Open source productions