Home

Kartini

Semaraknya Peringatan Hari Kartini di Spentika

Wahh… Lihat itu! Semarak sekali peringatan Hari Kartini di SMPN 3 Krian. Semuanya memakai baju adat khas nusantara.                                            Yuk intip keseruannya

HARI Kartini adalah hari untuk memperingati pergerakan emasipasi wanita di Indonesia. Persamaan gender, hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak adalah hal yang memplopori adanya hari peringatan tersebut.

Indonesia adalah negara berkembang yang seluruh rakyatnya diwajibkan menimba ilmu selama 9 tahun masa sekolah tanpa adanya perbedaan antara wanita dan pria. Ini semua adalah berkat jasa Ibu Kartini untuk menyamakan drajat pria dan wanita.

Bukan hanya Ibu Kartini saja yang berjuang untuk wanita Indonesia. Juga ada pahlawan wanita lainnya seperti Cut Nyak Dien, Martha Christina Tiahahu, Dewi Sartika dan masih banyak lagi. Ada yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia, ada pula yang berjuang untuk para wanita, dan kita sebagai generasi bangsa Indonesia patut berterima kasih untuk membalas jasa mereka.

Ada berbagai cara untuk menghormati jasa mereka. Salah satunya dengan cara mengadakan berbagai kegiatan yang mencerminkan rasa persatuan dan kesatuan.

Seperti yang dilakukan siswa dan siswi UPT SMPN 3 Krian. Pada hari Sabtu, 21 April 2018 ,OSIS SMPN 3 Krian sukses melaksanakan lomba Cak dan Ning yang diikuti oleh siswa dan siswi spentika. Bukan hanya kontes Cak dan Ning, OSIS SMPN 3 Krian juga mengadakan lomba menghias mading kelas yang bertemakan “Kartini dahulu, Kartini sekarang dan Kartini masa depan” yang sukses disambut oleh antusiasme para siswa dan siswi Spentika.

Setiap kelas diwajibkan mengirim sepasang perwakilan untuk mengikuti kontes Cak dan Ning Spentika. Para peserta akan dinilai dari keindahan berjalan, rasa percaya diri, dan kekompakan mereka. Dari sekitar 19 perwakilan kelas, Hanya 10 peserta yang barasal dari 5 kelas 7 dan 5 lainnya dari kelas 8 yang dapat melanjutkan ke babak selanjutnya. Pada babak ini, para finalis diberi pertanyaan tentang Indonesia dan Kartini. Para peserta menjawab dengan antusias dan semangat untuk Indonesia.

Para siwa juga telah menyiapkan mading yang mereka siapkan sejak satu minggu sebelum penilaian. Para siswa menghias mading dengan meriah. Mading yang dianggap paling bagus dan sesuai kriteria akan menjadi pemenangnya.

Pada tanggal 21 April 2018, Bertepatan pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional daiadakan pengumuman untuk juara kontes Cak dan Ning serta loma mading peringatan Hari Kartini.

Dengan acara ini, diharapkan para siswa dan siswi SMP 3 Krian dapat menghormati jasa para pahlawan wanita yang telah berjasa bagi bangsa dan negara Indonesia

Well… Congratulation for the winner!

Jumlah Pengunjung

487146

Your IP: 54.161.77.30
Server Date: 19-10-2018

Waktu Sekerang

Tanggal saat ini

02:23, 19th October 2018
October 2018
SMTWTFS
123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031
 
Open source productions