Home

MOMENTUM IDUL ADHA PEMBELAJARAN SISWA UNTUK BERKURBAN

Hari RayaIdul Adhasarat akan makna dan kaya hikmah. Ada banyak pelajaran yang bisa dipetik dari Hari Raya Kurban ini. Salah satunya adalah pengorbanan untuk yang dicintai. Perayaan Hari Raya Iduladha digunakan sebagai momentum bagi sekolah-sekolah berbagi untuk sesama kegiatan ini menanamkan karakter peduli terhadap sesama, khususnya pembelajaran bagi siswa SMP Negeri 3 Krian untuk berkurban. Tahun ini sebanyak 4 ekor sapi siap menjadi hewan qurban untuk disembelih

Kegiatan perayaan Idhul Adha 1440 H di SMP Negeri 3 Krian dimulai malam takbiran siswa dan siswi SMP Negeri 3 Krian mengumandangkan takbir di sekolah sampai menjelang sholat subuh dan memnyiapkan perlengkapan untuk sholat esok harinya mulai dari membersihkan halaman sekolah, menata karpet dan membuat garis shaf sholat.

Sholat Idul Adha dilaksankan di halaman sekolah SMP Negeri 3 Krian hari Senin 12 Agustus 2019 pukul 06.00. Siswa sangat antusias mengikuti kegiatan sholat di sekolah terbukti dengan penuhnya halaman sekolah oleh siswa yang datang untuk sholat. Setelah sholat siswa langsung pulang karena kegiatan penyembelihan hewan kurban dilaksanakan esok hari senin, 13 Agustus 2019 dimulai usai sholat subuh.

 

Acara penyembelihan hewan kurban dimulai sesudah sholat subuh dilaksanakan supaya kegiatan penyembelihan selesai sebelum sholat duhur. Pukul 07.00 kepala sekolah memberikan sambutan kepada siswa tentang kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini agar siswa mengerti proses berkurban sebagai media pembelajaran.“ Ibadah kurban tersebut mendidik jiwa ikhlas dalam berkurban, sebagaimana  dicontohkan oleh Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail dan mendidik siswa agar dalam diri mereka tertanam rasa simpati dan empati terhadap orang-orang yang tidak berpunya” tutur kepala sekolah SMP Negri 3 Krian.


Usai kepala sekolah memberikan sambutan seluruh siswa bersama wali kelas berkumpul sesuai kelas untuk mempersiapkan perlengkapan. Usai mendapat daging setiap kelas bertugas memotong , menimbang daging dan memasukkan daging ke dalam wadah yang sudah dibawah oleh siswa dari rumah untuk dibagikan secara merata seluruh siswa dalam kelas tersebut dan masyarakat kurang mampu di sekitar lingkungan sekolah SMP Negeri 3 Krian.