Home

LDKS OSIS SPENTIKA 2019-2020

Peserta LDKS klik video kegiatan

Siswa merupakan bagian dari pemuda penerus cita-cita bangsa, karenanya kita harus mendidiknya dengan baik, memberikannya pendidikan terbaik dalam rangka menyiapkan mereka menuju masa depan yang gemilang yang siap menghadapi era globalisasi. Untuk mencapai tujuan tersebut di adakan kegiatan LDKS untuk OSIS SMP Negeri 3 Krian merupakan siswa-siswi terpilih yang menjadi wakil seluruh siswa. LDKS bertujuan untuk mencetak  generasi muda yang berkarakter  dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). LDKS ini bertujuan untuk Menanamkan jiwa kepemimpinan, kemandirian, dan keteladanan kepada siswa.

 

LDKS salah satu syarat yang harus dilalui peserta sebelum resmi menjadi pengurus OSIS. Pelatihan LDKS SMP Negeri 3 Krian diadakan di hotel Newstart Trawas Kabupaten Mojokerto. Pelatihan LDKS ini mempunya peran penting dalam membangun karakter kepemimpinan siswa agar berguna di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. Semua siswa wajib untuk mengikuti seluruh tahapan LDKS. Berbagai tantangan yang dihadapi oleh setiap individu maupun kelompok tentunya memiliki sifat membangun karakter mereka ke arah yang positif. Beberapa kegiatan LDKS SMP Negeri 3 Krian diantaranya  adalah outbond, PBB dan materi indoor.

Kegiatan outbond mulai ketika seluruh peserta sudah selesai cek in hotel di pandu oleh trainer yang berpengelaman, tampak siswa sangat antusias dalam memulai kegiatan LDKS. Pada kegiatan pertama ini di isi games yang bertemakan gotong royong, games ini bertujuan untuk melatih siswa saling membantu di dalam organisasi. Usai kegiatan tersebut peserta LDKS bersiap untuk pembukaan LDKS di Hall Hotel Newstart yang dibuka langsung oleh ibu Heri Wahyu Rejeki, M.Pd. selaku  Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Krian.

Materi indoor sesi pertama disampaikan oleh bu Heri dengan tema Kepemimpinan, materi kemimpinan bertujuan agar peserta LDKS mampu memahami karakter seorang pemimpin dan mampu menerapkan sikap kepemimpinan di kehidupan sehari-hari. “ Kepemimpinan atau pemimpin adalah kemampuan untuk menggerakkan orang lain  atau kelompok untuk mencapai tujuan yang  di capai”, ujar bu Heri. Setelah materi yang disampaikan Bu Heri Selesai di lanjutkan dengan materi tentand administrasi OSIS dan pembuatan proposal kegiatan yang disampaikan oleh pak Mugyanto. 


Esok harinya hari minggu pagi dimulai  pukul 04.10 untuk sholat subuh berjamaah, usai sholat subuh peserta di arahkan ke lapangan untuk senam pagi bersama dan jalan pagi berkeliling lingkungan Hotel Newstart yang di kordinasi oleh trainer outbond. Setelah seluruh peserta sampai di hotel para trainer mengarahkan untuk kegiatan outbond di lapangan tujuan dari outbond hari minggu untuk melatih kerjasama, keberanian dan tanggung jawab

Setelah kegiatan LDKS selesai seluruh peserta diharapkan mampu mengimplementasikan materi yang telah diajarkan, menjadi calon pemimpin yang kuat, kreatif, inovatif dan mempunyai strategi yang baik untuk mencapai tujuan bersama, serta mengembangkan multi skill yaitu kemandirian, kebersamaan, kerja sama tim dan kecakapan sekaligus memperluas wawasan keilmuan. Mampu menjadi pemimpin yang tangguh dan terus mengembangkan inovasi dan kreativitas guna menggapai cita-cita mereka dimasa depan.

Open source productions