Selamat Datang di Web SPENTIKA. SMP Negeri 3 Krian - Sidoarjo - Jawa Timur.

Jumlah Pengunjung

516165

Your IP: 34.229.151.87
Server Date: 24-05-2019

Tautan WEB Belajar

PPDB-2019

Klik Gambar Untuk mengetahui Pendaftaran di PPDB Sidoarjo

Daftar PPDB Online 2019

        Jadwal PPDB 2019

 Sumber : https://ppdbsda.net/

SMP Negeri 3 KRIAN Tahun ini menerima 320 siswa calon siswa Baru (menurut Pagu dari Dinas Sidoarjo)


 

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

WorkShop UNIPA

 

WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN

BERBASIS BLOG

 

Bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2019, SMPN 3 Krian mengadakan kegiatan workshop peningkatan kompetensi guru bekerjasama dengan Universitas PGRI Adi Buana (UNIPA) Surabaya. Kegiatan workshop ini bertemakan “Pelatihan Perancangan Blog untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Era Pembelajaran Abad 21” yang diadakan di Gedung Soeleman Joesoef Lt.2 R.201, Pascasarjana UNIPA dan dihadiri oleh seluruh guru SMPN 3 Krian. Latar belakang diadakannya workshop ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menghadapi perkembangan zaman, pembelajaran abad 21, dan revolusi industri 4.0. Perkembangan revolusi industri ini juga dibahas dalam pidato Peringatan Hardiknas oleh Mendikbud Muhadjir Effendi “Hadirnya revolusi industri 4.0 telah mempengaruhi cara hidup, bekerja, dan belajar. Perkembangan teknologi yang semakin canggih ini juga dapat mempengaruhi cara berpikir, berperilaku, dan karakter peserta didik. Peserta didik harus memiliki karakter dan jati diri bangsa di tengah perubahan global yang bergerak cepat”. Oleh karena itu, perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi dalam revolusi industri 4.0 ini juga perlu diimbangi dengan meningkatnya kompetensi guru dalam menggunakan TIK agar dapat mengikuti perkembangan zaman serta perubahan global yang bergerak relatif cepat.

Workshop pembuatan blog ini dilakukan secara berkelanjutan dengan harapan seluruh guru SMPN 3 Krian memiliki Blog dan dapat mengimplementasikan media pembelajaran berbasis Blog yang telah dibuat dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Sebelum workshop ini dimulai dilakukan penandatanganan MoA (Memorandum of Agreement) yang ditandatangani oleh Dr. Rufi’I, S.Si, S.T, M.Pd. selaku Direktur Pascasarjana UNIPA dan Ibu Heri Wahu Rejeki, S.Pd. selaku Kepala Sekolah SMPN 3 Krian disaksikan oleh pengawas dan seluruh guru SMPN 3 Krian. Setelah penandatangan MoA, dilanjutkan materi pra-workshop mengenai “Perkembangan Abad 21 dan Dampaknya pada Pembelajaran di sekolah” yang disampaikan oleh Dr. Rufi’I, S.Si, S.T, M.Pd dan materi mengenai “Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0” yang disampaikan oleh Dr. Ibut Priono Leksono, M.Pd. Materi pra-workshop ini disampaikan untuk memberikan landasan dasar mengenai urgensi diadakannya kegiatan workshop ini yakni untuk mengetahui perkembangan abad 21 dan revolusi industri 4.0 serta dampaknya pada pembelajaran di sekolah. Selanjutnya kegiatan inti workshop “Pemanfaatan dan Perancangan Blog” dipandu dan dibimbing oleh Dr. Nurmida Catherine, M.Pd dan Pak Andri Kurniawan, M.Pd. Harapannya setelah kegiatan workshop ini dilaksanakan dapat meningkatkan kompetensi guru SMPN 3 Krian dalam menggunakan teknologi dan dihasilkan produk berupa Blog yang dapat difungsikan sebagai media pembelajaran. Perlu diketahui bahwa web sekolah SMPN 3 Krian tidak hanya memuat informasi kegiatan sekolah saja, tapi juga media dan sumber belajar yakni di menu “Ruang Belajar” bersama guru. Berhubungan dengan hal itu, Blog yang telah dibuat oleh guru produk dari workshop ini akan diintegrasikan dalam menu web sekolah yang dapat diakses oleh seluruh siswa dan orang tua untuk memberikan informasi dan tempat belajar yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja

 

Sejarah

SEJARAH SMP NEGERI 3 KRIAN

 

SMP Negeri 3 Krian terletak di wilayah kecamatan Krian, tepatnya di Jalan Raya Keboharan, Krian. Kurang lebih empat kilo meter (4 Km) arah ke timur dari kota Krian.

SMP Negeri 3 Krian berdiri pada tahun 1986, dengan jumlah rombel 3 kelas, yaitu kelas 7A, 7B, dan 7C. Ketika itu, kelas tersebut numpang di SMP Negeri 1 Krian, karena SMP Negeri 3 Krian filial dari SMP Negeri 1 Krian. Baru tahun ajaran 1987, tepatnya bulan Juli SMP Negeri 3 Krian menempati gedung sendiri.

Gedung SMP Negeri 3 Krian berdiri di atas tanah seluas 1,5 hektar, namun ruang kelas saat itu berjumlah sembilan. Seiring dengan perjalanan waktu hingga tahun 2019 SMP Negeri 3 Krian ada 30 rombel, masing – masing tingkat 10 rombel dengan jumlah 1050 peserta didik.  Hampir ¾ dari luas lahan berdiri gedung-gedung untuk kegiatan bembelajaran .

Adapun  jumlah pendidik pada awal berdiri SMP Negeri 3 Krian 18 orang.

Hingga tahun 2019 SMP Negeri 3 Krian jumlah pendidik berjumlah 50 orang. Dan telah dan sedang  dipimpin oleh kepala sekolan sejumlah 9 orang.

Komite

SUSUNAN PENGURUS KOMITE SEKOLAH

SMP NEGERI 3 KRIAN

Periode th. 2017 - 2020

 

No.

JABATAN

NAMA

UNSUR

1

Ketua

H.Abdul Khoiron, S.Sos

Tokoh Masyarakat

2

Sekretaris

Samsul Huda

Tokoh Masyarakat

3

Bendahara

Kusnianto Ardhi

Tokoh Masyarakat

4

Anggota

M. Irfan

Wali Murid

Ari Winarno

Wali Murid

Struktur Organisasi

 
Open source productions