MPLS 2019

PEMBUKAAN MPLS 2019/2020

 Pendidikan  merupakan sebuah proses terus menerus selama manusia hidup. Dalam hal ini proses pendidikan tersebut dikategorikan menjadi dua jenjang yaitu jenjang formal dan non formal. Dalam dunia pendidikan formal ( sekolah) terdiri dari berbagai jenjang yang merupakan perbedaan tingkat yang akan diampuh oleh anak sesuai dengan ketentuan pemerintah. Tiap – tiap jenjang tersebut mempunyai ciri-ciri khas yang membedakannya dengan jenjang pendidikan  lainnya. Strategi dalam penyampaian materi tentunya disesuaikan dengan  tingat perkembangan kemampuan  mentalitas psikologis anak didik.

 

Untuk mengantar seorang anak memasuki jenjang pendidikan yang baru, keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan  Menengah telah menetapkan suatu masa orientasi untuk siswa baru, yang disebut Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Sekolah memang sudah selayaknya menjadi tempat menyenangkan bagi para peserta didik. Termasuk pada peserta didik baru. SMP Negeri 3 Krian merupakan sekolah ramah anak dan berbasis lingkungan, sekolah  harus membangun iklim bahwa peserta didik aman dan nyaman berada di sekolah. Kegiatan MPLS sejatinya dilakukan tanpa ada bentuk bentakan, bulying dan intimidasi kepada siswa baru.

Read more: MPLS 2019

PPDB-2019

PPDB Zonasi bertujuan untuk pemerataan pendidikan yang sebagaimana termasuk dalam Permendikbud No.51/2018 tentang penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2019/2020. Penerimaan Peserta Didik Baru di wilayah Kabupaten Sidoarjo menggunakan 3 (tiga) jalur, yaitu Jalur Prestasi, Jalur Zonasi, dan jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/ Wali. Mudah-mudahan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kabupaten Sidoarjo berjalan dengan lancar dan sukses.

Proses pendaftaran melalui proses PPDB Zonasi diawali dengan pendaftaran pada tanggal 10-13 Juni 2019. Hal pertama dilakukan oleh pendaftar untuk menginput lokasi rumah dengan menggunakan GPS (Global Positioning System) yang bertujuan untuk mengetahui jarak rumah pendaftar dengan sekolah, serta melengkapi dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran. Selanjutnya menunggu pengumuman verifikasi/validasi data pada tanggal 14 Juni 2019 pukul 14.00

Petugas PPDB SMP Negeri 3 Krian sedang melakukan validasi data

Read more: PPDB-2019

WorkShop UNIPA

 

WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN

BERBASIS BLOG

 

Bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2019, SMPN 3 Krian mengadakan kegiatan workshop peningkatan kompetensi guru bekerjasama dengan Universitas PGRI Adi Buana (UNIPA) Surabaya. Kegiatan workshop ini bertemakan “Pelatihan Perancangan Blog untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Era Pembelajaran Abad 21” yang diadakan di Gedung Soeleman Joesoef Lt.2 R.201, Pascasarjana UNIPA dan dihadiri oleh seluruh guru SMPN 3 Krian.

Read more: WorkShop UNIPA

Sejarah

SEJARAH SMP NEGERI 3 KRIAN

 

SMP Negeri 3 Krian terletak di wilayah kecamatan Krian, tepatnya di Jalan Raya Keboharan, Krian. Kurang lebih empat kilo meter (4 Km) arah ke timur dari kota Krian.

SMP Negeri 3 Krian berdiri pada tahun 1986, dengan jumlah rombel 3 kelas, yaitu kelas 7A, 7B, dan 7C. Ketika itu, kelas tersebut numpang di SMP Negeri 1 Krian, karena SMP Negeri 3 Krian filial dari SMP Negeri 1 Krian. Baru tahun ajaran 1987, tepatnya bulan Juli SMP Negeri 3 Krian menempati gedung sendiri.

Gedung SMP Negeri 3 Krian berdiri di atas tanah seluas 1,5 hektar, namun ruang kelas saat itu berjumlah sembilan. Seiring dengan perjalanan waktu hingga tahun 2019 SMP Negeri 3 Krian ada 30 rombel, masing – masing tingkat 10 rombel dengan jumlah 1050 peserta didik.  Hampir ¾ dari luas lahan berdiri gedung-gedung untuk kegiatan bembelajaran .

Adapun  jumlah pendidik pada awal berdiri SMP Negeri 3 Krian 18 orang.

Hingga tahun 2019 SMP Negeri 3 Krian jumlah pendidik berjumlah 50 orang. Dan telah dan sedang  dipimpin oleh kepala sekolan sejumlah 9 orang.

Komite

SUSUNAN PENGURUS KOMITE SEKOLAH

SMP NEGERI 3 KRIAN

Periode th. 2017 - 2020

 

No.

JABATAN

NAMA

UNSUR

1

Ketua

H.Abdul Khoiron, S.Sos

Tokoh Masyarakat

2

Sekretaris

Samsul Huda

Tokoh Masyarakat

3

Bendahara

Kusnianto Ardhi

Tokoh Masyarakat

4

Anggota

M. Irfan

Wali Murid

Ari Winarno

Wali Murid

Open source productions