WorkShop UNIPA

 

WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN

BERBASIS BLOG

 

Bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2019, SMPN 3 Krian mengadakan kegiatan workshop peningkatan kompetensi guru bekerjasama dengan Universitas PGRI Adi Buana (UNIPA) Surabaya. Kegiatan workshop ini bertemakan “Pelatihan Perancangan Blog untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Era Pembelajaran Abad 21” yang diadakan di Gedung Soeleman Joesoef Lt.2 R.201, Pascasarjana UNIPA dan dihadiri oleh seluruh guru SMPN 3 Krian.

Latar belakang diadakannya workshop ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menghadapi perkembangan zaman, pembelajaran abad 21, dan revolusi industri 4.0. Perkembangan revolusi industri ini juga dibahas dalam pidato Peringatan Hardiknas oleh Mendikbud Muhadjir Effendi “Hadirnya revolusi industri 4.0 telah mempengaruhi cara hidup, bekerja, dan belajar. Perkembangan teknologi yang semakin canggih ini juga dapat mempengaruhi cara berpikir, berperilaku, dan karakter peserta didik. Peserta didik harus memiliki karakter dan jati diri bangsa di tengah perubahan global yang bergerak cepat”. Oleh karena itu, perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi dalam revolusi industri 4.0 ini juga perlu diimbangi dengan meningkatnya kompetensi guru dalam menggunakan TIK agar dapat mengikuti perkembangan zaman serta perubahan global yang bergerak relatif cepat.

Workshop pembuatan blog ini dilakukan secara berkelanjutan dengan harapan seluruh guru SMPN 3 Krian memiliki Blog dan dapat mengimplementasikan media pembelajaran berbasis Blog yang telah dibuat dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Sebelum workshop ini dimulai dilakukan penandatanganan MoA (Memorandum of Agreement) yang ditandatangani oleh Dr. Rufi’I, S.Si, S.T, M.Pd. selaku Direktur Pascasarjana UNIPA dan Ibu Heri Wahu Rejeki, S.Pd. selaku Kepala Sekolah SMPN 3 Krian disaksikan oleh pengawas dan seluruh guru SMPN 3 Krian. Setelah penandatangan MoA, dilanjutkan materi pra-workshop mengenai “Perkembangan Abad 21 dan Dampaknya pada Pembelajaran di sekolah” yang disampaikan oleh Dr. Rufi’I, S.Si, S.T, M.Pd dan materi mengenai “Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0” yang disampaikan oleh Dr. Ibut Priono Leksono, M.Pd. Materi pra-workshop ini disampaikan untuk memberikan landasan dasar mengenai urgensi diadakannya kegiatan workshop ini yakni untuk mengetahui perkembangan abad 21 dan revolusi industri 4.0 serta dampaknya pada pembelajaran di sekolah. Selanjutnya kegiatan inti workshop “Pemanfaatan dan Perancangan Blog” dipandu dan dibimbing oleh Dr. Nurmida Catherine, M.Pd dan Pak Andri Kurniawan, M.Pd. Harapannya setelah kegiatan workshop ini dilaksanakan dapat meningkatkan kompetensi guru SMPN 3 Krian dalam menggunakan teknologi dan dihasilkan produk berupa Blog yang dapat difungsikan sebagai media pembelajaran. Perlu diketahui bahwa web sekolah SMPN 3 Krian tidak hanya memuat informasi kegiatan sekolah saja, tapi juga media dan sumber belajar yakni di menu “Ruang Belajar” bersama guru. Berhubungan dengan hal itu, Blog yang telah dibuat oleh guru produk dari workshop ini akan diintegrasikan dalam menu web sekolah yang dapat diakses oleh seluruh siswa dan orang tua untuk memberikan informasi dan tempat belajar yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja

 

Open source productions